Mangtukang. Di masa sekarang ini penggunaan kubah masjid bahan GRC sudah banyak diminati karena memberikan banyak sekali kelebihan. bahkan banyak orang menilai kubah masjid dengan bahan ini terlihat sangat indah.


Beberapa kelebihan kubah masjid bahan GRC antara lain :

1. Untuk waktu pengerjaan bisa lebih singkat karena pengerjaan lembaran kubah dikerjakan di workshop tanpa menggangu proses konstruksi masjid yang sedang berjalan.

2. Dari segi biaya lebih hemat apabila dibandingkan dengan kubah masjid dari bahan beton bertulang. Selain itu juga terbilang low maintenance.

3. Material GRC ini lebih ringan sehingga mengurangi beban struktur. Tapi tetap memberikan kekuatan dan bisa diandalkan.

4. memiliki ketahanan dalam menghadapi cuaca dan juga benturan yang sifatnya ringan.

5. Informasinya, dapat bertahan sama halnya kubah dari bahan beton bertulang, sekitar puluhan tahun lamanya.

6. Bentuk kubah akan lebih presisi karena proses pencetakannya menggunakan moulding di workshop.

7. Untuk finishing, kubah GRC juga bisa menggunakan cat Eksterior seperti halnya pada kubah bahan beton bertulang pada umumnya.

8. Mutu lebih terjamin karena pencetakan lembaran kubah dilakukan di workshop sehingga mempermudah pengawasan mutu dibandingkan dengan kubah masjid yang dibuat dengan metode in-situ.

Setidaknya, seperti itu yang saya simpulkan dari hasil baca di sebuah halaman website produsen kubah masjid GRC. APabila anda membutuhkan info lebih jelas dan akurat maka bisa menghubungi produsen kubah masjid yang anda pilih.